Monday, March 31, 2014

Pendeteksi Jarak Parkir Pada Mobil Dengan Proximity Sensor

Halo gan, kali ini ane mau share Pendeteksi Jarak Parkir Pada Mobil Dengan Proximity Sensor nih. Sebelumnya agan udah tau belum apa itu proximity sensor?
 Proximity Switch atau Sensor Proximity adalah alat pendeteksi yang bekerja berdasarkan jarak obyek terhadap sensor. Karakteristik dari sensor ini adalah mendeteksi obyek benda dengan jarak yang cukup dekat, berkisar antara 1 mm sampai beberapa centimeter saja sesuai type sensor yang digunakan. Proximity Switch ini mempunyai tegangan kerja antara 10-30 Vdc dan ada juga yang menggunakan tegangan 100-200VAC.
Proximity Sensor terbagi dua macam, yaitu:
  • Proximity Inductive
  • Proximity Capacitive
Proximity Inductive berfungsi untuk mendeteksi obyek besi/metal. Meskipun terhalang oleh benda non-metal, sensor akan tetap dapat mendeteksi selama dalam jarak (nilai) normal sensing atau jangkauannya. Jika sensor mendeteksi adanya besi di area sensingnya, maka kondisi output sensor akan berubah nilainya.

Proximity Capacitive akan mendeteksi semua obyek yang ada dalam jarak sensingnya baik metal maupun non-metal.

      Nah cara kerja dari Pendeteksi Jarak Parkir Pada Mobil Dengan Proximity Sensor  kayak gini gan, saat kita akan memarkir mobil kita gak perlu takut nabrak, soalnya mobil yang dipasang sensor ini akan mendeteksi benda yang ada didekat mobil pada jarak tertentu. Saat ada benda yang mendekati mobil sensor ini akan berbunyi sehingga kita tau bahwa akan menabrak. Alat ini menggunakan Proximity Capasitive. 

Skema :


Kira2 kayak gitu gan.

Oke semoga bermanfaat, jangan lupa komen ya gan :D

No comments:

Post a Comment