Thursday, March 27, 2014

Pintu Parkir Otomatis Dengan Sensor Mekanik (Straingage)

Assalammualaikum Wr.Wb :D

Kali ini ane mau share tentang Pintu Parkir Otomatis Dengan Sensor Mekanik (Straingage) nih gan :D
Agan tau kan kalo mungkin pas mau masuk ke parkiran yang ada di mall, pasti ada palang pintu kan? nah biasanya kan kita disuruh ngambil tiket parkir kan? ntah itu harus menekan tombol ataupun ada petugas parkir, sedangkan kita ada didalam mobil, kan tetep repot? Nah ide ane kali ini
mau membuat pintu palang otomatis dengan memanfaatkan sensor mekanik Straingage :)

Kira2 gambaran skemanya kayak gini gan :


Kalo prinsip kerjanya kayak gini gan :
Saat sebuah mobil akan masuk ke tempat parkir pasti akan berhenti didepan palang pintu gan, nah lantai yang didepan palang pintu itu ane ganti pake Straingage sensor gan. Prinsip kerja Straingage Sensor adalah nilai tahanan drai straingage ini akan berubah apabila ada gaya tekan dari luar. Jadi saat mobil berhenti didepan palang pintu Straingane ini akan bereaksi, dan secara otomatis tiket akan keluar dan palang akan naik(terbuka). Sensor ini dihubungkan dengan mesin tiket dan palang pintu melalui komputer. Jadi nggak perlu ada petugas tiket lagi gan, dan akan memperlancar kendaraan buat masuk ke tempat parkir :D

Gimana ide ane gan? simpel tapi berguna kan? :D

Sekian dulu gan, kalo ada ide lagi pasti ane tulis disini :)

Jangan lupa komeng dan follow blog ane gan :D





2 comments:

  1. waahh gann kerenn nih simple tapi bermanfaat , , ane tuggu info selanjutnya gan :D

    ReplyDelete
  2. oke gan jgn lupa follow blog ane ya :D

    ReplyDelete